Flaming Arrow Glitter Purple

Senin, 26 Agustus 2013

Cara Mempromosika Blog atau Website

Salam Sahabat..


Sebelum saya memposting artikel berikut ada beberapa kata yang ingin saya sampaikan untuk memotivasi sahabat2,"Dimana ada Kemauan Selalu Ada Jalan" kata-kata ini yang harus kita terapkan didalam segala aktivitas kita baik dalam menghadapi suatu masalah atau pun cobaan hidup.. Semangat3x..

Nah,kali saya ingin berbagi banyak hal mengenai cara sederhana untuk mempromosikan Blog ataupun Website milik sahabat guna menambah jumlah pengunjung maupun meningkatkan traffik sites..


Kiat Promosi Website


1. Promosi Website - Blog Walking
Good content bukan segalanya. Buat apa tulisan blog kita bagus, tetapi tidak ada yang tahu. Artinya, selain menulis blog yang menarik, kita harus pandai bersosialisasi antarsesama blogger (pemilik blog). Mengapa?
Dunia maya itu sama persis dengan dunia nyata. Jadi, mana mungkin orang lain mau mengunjungi kita, sementara kita sendiri tidak pernah mengunjungi mereka.
Solusi promosi website yang dapat dilakukan adalah sering-seringlah melakukan blog walking untuk memperkenalkan diri atau memberi komentar di blog orang lain, terlebih kalau kita masih newbie (pemula).


2. Promosi Website - Gratis

Selain tulisan, ada berbagai alasan kenapa orang senang berkunjung ke blog tertentu. Salah satunya karena blog yang ia kunjungi menyediakan sesuatu secara cuma-cuma.
Ya, benar. Memberi sesuatu yang bersifat gratis masih menjadi daya tarik untuk mendatangkan pengunjung dan merupakan salah satu promosi website yang efektif. Tidak perlu muluk-muluk memberi sesuatu yang mahal, cukup memberi ebook, template, atau wallpaper saja sudah membuat senang pengunjung.


3. Promosi Website - Adakan Kontes atau Sayembara
Jika mempunyai modal yang cukup, kita bisa melakukan promosi website dengan mencoba menyelenggarakan kontes atau sayembara dengan iming-iming hadiah tertentu, seperti buku, domain, t-shirt, dan sebagainya.
Aturan main kontesnya bisa kita tentukan sendiri. Misalnya, meminta para kontestan untuk me-review blog kita di blog mereka. Yang review-nya dibaca atau dikomentari banyak orang, maka dialah pemenangnya.


4. Promosi Website - Ikuti Kontes atau Sayembara

Ini kebalikan dari tips promosi website sebelumnya. Kalau tidak mau keluar modal, tidak ada salahnya kita yang menjadi peserta kontes atau sayembaranya. Apa untungnya?
Jika kita menang, selain dapat hadiah, biasanya alamat blog kita akan diumumkan di blog yang menyelenggarakan kontes itu. Dengan begitu, banyak orang yang tahu alamat blog kita sehingga peluang blog kita dikunjungi orang lain pun sangat besar.


5. Promosi Website - Bertukar Link

Kita bisa melakukan tukar-menukar link antarsesama blogger untuk promosi website atau mempromosikan alamat blog kita. Alamat blog A dipasang di blog B dan sebaliknya alamat blog B dipasang di blog A. Gampang, kan?
Jadi, sama-sama menguntungkan.


6. Promosi Website - Via Email

Pernah mengirim atau membalas email?
Nah, setiap kali melakukan kedua aktivitas itu jangan lupa untuk mencantumkan signature alamat blog kita sebagai promosi. Setiap penyedia layanan email sekarang sudah memiliki fitur email signature.
Jadi, kita hanya perlu melakukan setting. Setelah di-setting, setiap kita mengirim atau membalas email, signature yang berisi alamat blog kita juga akan ikut dikirimkan tanpa harus mengetik ulang. Itulah cara promosi website yang keenam.



7. Promosi Website - Bergabung ke Situs Social Networking

Untuk menggenjot lagi jumlah pengunjung website, kita bisa melakukan promosi website dengan join ke berbagai situs social networking. Misalnya, facebook, digg, stumbleupon, goodreads, plurk, mybloglog, dan masih banyak lagi.


8. Promosi Website - Aktif di Forum
Tempat “ngumpul” di dunia maya ini biasa digunakan untuk berdiskusi, bertanya, dan menjawab suatu permasalahan. Tujuannya agar setiap permasalahan yang muncul bisa cepat selesai karena dibahas bersama-sama. Enak, kan?
Sekarang, banyak forum dan mailing list digelar. Kita bisa registrasi lalu ikut aktif di dalamnya. Jika aktif, kita akan banyak dikenal anggota di forum itu. Berikut adalah alamat forum yang saat ini mempunyai banyak anggota.
Daftarkan ke Mesin Pencari. Sebagian besar orang mencari informasi di internet melalui mesin pencari atau search engine. Nah, tentunya kita ingin isi blog kita juga terindeks di search engine agar mudah ditemukan oleh mereka. Untuk merealisasikan hal itu, sebaiknya kita mendaftarkan alamat blog kita di beberapa situs mesin pencari seperti Google dan Yahoo.


Daftarkan ke Direktori Website Indonesia. Cara lainnya untuk memaksimalkan blog kita yaitu bergabung di situs-situs internet directory. Kita bisa mendaftarkan ke beberapa alamat situs directory yang tersebar di internet, misalnya dmoz, blogcatalog, mybloglog, dan sebagainya.



Promosi Website - Iklan Baris Gratis


Apa artinya memiliki website jika hanya dibaca oleh diri sendiri? Oleh karena itu, promosi website sangat diperlukan dalam hal ini. Ada banyak media promosi website yang dapat digunakan, mulai yang berbayar sampai gratis. Iklan konvensional adalah sarana yang bisa Anda jadikan sebagai media promosi website, tetapi dengan mengelurakan sedikit uang tentunya. Misalnya promosi website melalui Koran, tabloid, rasio, televisi, spanduk, stiker, dan lain-lain.

Promosi website juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan media iklan baris gratis. Walaupun gratis, media promosi website ini mampu meningkatkan jumlah trafik bahkan menambah page rank website Anda.


Berikut daftar media iklan baris gratis yang dapat dijadikan sebagai media promosi website.
  • forumiklan.com (http://www.forumiklan.com)
  • iklan.penawaran.net (http://iklan.penawaran.net)
  • iklanpromo.com (http://www.iklanpromo.com)
  • iklanumum.com (http://www.iklanumum.com)
  • iklanbaris.biz (http://www.iklanbaris.biz)
  • satuiklan.com (http://www.satuiklan.com)
  • iklan-mini.com (http://www.iklan-mini.com)
  • ads.oggix.com (http://ads.oggix.com)
  • webiklan.com (http://www.webiklan.com)
  • iklan.web.id (http://www.iklan.web.id)
  • biosemesta.com (http://www.biosemesta.com)
  • iklan.net (http://www.iklan.net)
  • iklanbiru.com (http://www.iklanbiru.com)
  • larisan.web.id (http://www.larisan.web.id)
  • bekas.com (http://www.bekas.com)
  • tempatiklan.com (http://www.tempatiklan.com)
  • iklanmini.com (http://www.iklanmini.com)
  • publish.web.id (http://publish.web.id)
  • iklanbaris.tk (http://www.iklanbaris.tk)
  • iklanfun.com (http://www.iklanfun.com)
  • iklanriau.com (http://www.iklanriau.com)
  • iklanonline.co.nr (http://www.iklanonline.co.nr)
  • iklankito.com (http://www.iklankito.com)
  • admediator.com (http://www.admediator.com)
  • iklanbisnisbali.com (http://www.iklanbisnisbali.com)
  • 1klasika.com (http://www.1klasika.com)
  • iklanbaru.com (http://www.iklanbaru.com)
  • endonesia.com (http://www.endonesia.com)
  • iklan.uninet.net.id (http://iklan.uninet.net.id)
  • gratisiklan.com (http://www.gratisiklan.com)
  • jasaiklan.com (http://www.jasaiklan.com)
  • iklandiweb.com (http://www.iklandiweb.com)
  • jogjapromo.com (http://www.jogjapromo.com)
  • topklik.com (http://www.topklik.com)
  • onlinebiz2u.net (http://www.onlinebiz2u.net)
  • carisemua.com (http://www.carisemua.com)
  • iklanbarisplus.com (http://www.iklanbarisplus.com)
  • iklanpremium.com (http://iklanpremium.com)
  • iklanjogja.com (http://www.iklanjogja.com)
  • istanaiklan.com (http://www.istanaiklan.com)
  • kampiunforum.com (http://www.kampiunforum.com)
  • situsportal.com (http://www.situsportal.com)
  • folderbisnis.com (http://www.folderbisnis.com)
  • iklanbaris.co.id (http://www.iklanbaris.co.id)
  • iklanplasma.com (http://www.iklanplasma.com)
  • deteksi.org (http://www.deteksi.org)
  • bursapromo.com (http://www.bursapromo.com)
  • solusta.com (http://www.solusta.com)
  • serbaiklan.com (http://serbaiklan.com)
itulah daftar media iklan baris gratis yang dapat dijadikan sebagai media promosi website. Selamat mencoba!
semoga bermanfaat...

 

Promosi website manjadi begitu penting, karena mendatangkan pengunjung sama susahnya (bahkan lebih susah) daripada membuat website itu sendiri. Jika Anda baru saja berhasil membangun sebuah website, itu hanya merupakan langkah awal dari proses web development. Karena indikator utama sukses atau tidaknya sebuah website dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung potensial yang datang. Dalam hal ini, meskipun Anda memiliki website dengan desain yang mewah dan teknologi scripting yang canggih, belumlah bisa dikatakan sukses jika memiliki jumlah visitor yang kecil.
Banyak pengusaha-pengusaha yang merasa kecewa karena telah menghabiskan banyak biaya untuk membuat website perusahaan, tetapi tidak mendatangkan hasil seperti yang diharapkan. Penjualan produk dan jasa perusahaan tidak bisa meningkat seperti yang diharapkan. Semua ini terjadi karena mereka kurang memperhatikan sisi promosi website, yang sebenarnya merupakan bagian termahal dari proses web development. Dalam hal ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan website. Namun tutorial ini akan memfokuskan pembahasan khusus pada pemanfaatan search engine seperti Google dan direktori dengan berbagai kelebihannya.
Bagaimanakah cara promosi website ? Cara promosi website adalah penyatuan beragam teknik dan strategi yang berbeda dengan tujuan meningkatkan kunjungan ke website pribadi. Meningkatnya kunjungan ini ditandai dengan meningkatnya rata-rat lamanya pengunjung berada di website Anda dan semakin banyaknya pengunjung yang bertransaksi atau mengunduh file dari website tersebut.

Teknik dan strategi promosi website meliputi perangkat website Anda pada hasil pencarian, pembuatan artikel serta tautan, iklan baris atau classified ads, memasang iklan banner, website jejaring sosial, google adwords, opt-in email, forum, email pribadi, program afiliasi, dan lain sebagainya.

Promosi web adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari tahap perencanaan dan pembuatan website. Hal yang harus diingat adalah promosi website harus direncanakan pada tahap perencanaan, misalnya apa yang ditawarkan website Anda? Siapa saja target pengunjung website? Kata kunci apa yang digunakan oleh pengunjung untuk menemukan website Anda? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan landasan yang wajib dibangun dengan sungguh-sungguh agar promosi website berjalan lancar dan sesuai keinginan.

Ketika akan melakukan promosi website, seseorang harus memakai squeeze page agar dapat memperoleh nama serta alamat email pengunjung website Anda. Dengan demikian, seseorang dapat menciptakan hubungan yang berkesinambungan dengan subscriber (para pengunjung) serta berkomunikasi untuk tujuan memasarkan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Apalah artinya mempunyai website jika website itu tidak pernah dikunjungi orang. Padahal, kunci suksesnya sebuah website terletak pada jumlah pengunjung yang datang. Semakin tinggi jumlah pengunjung, semakin banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari website tersebut.

Sumber : Promotion Production
Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.


Senin, 19 Agustus 2013

Mari Setting Mikrotik

Setting mikrotik menggunakan proxy external, dan juga bagaimana setting Transparant Proxy Menggunakan Mikrotik. Kali ini saya mau contohin setting mikrotik menggunakan proxy external. Contoh kita gunakan PC Linux Squid Server.

Kenapa harus pakai proxy external? Performance lebih baik dari web-proxy bawaan mikrotik.

Setting MikroTik Menggunakan Proxy External

Kita akan setting mikrotik menggunakan proxy external dengan topologi seperti ini..


Pertama kita mengganti nama interfaces pada mikrotik kita, lalu memberikan IP Address untuk port 3 yang terhubung dengan proxy dengan IP “192.168.88.1/24” karena server proxy kita mempunyai IP Address 192.168.88.2.

Setting Interfaces Mikrotik
Port 1 >> koneksi ke modem
Port 2 >> koneksi ke jaringan LAN/Klien
Port 3 >> koneksi ke PC Proxy

ether1-internet = 192.168.0.2/24
ether2-lan = 192.168.1.1/24
ether3-proxy = 192.168.88.1/24

Setting Mikrotik Menggunakan Proxy External 

Setting IP Perangkat External
Modem Internet : 192.168.0.1
PC Proxy Server : 192.168.88.2
PC Klien : 192.168.1.2-192.168.1.254
Jika sudah, anda bisa memulai instalasi squid server sesuai artikel di blog ini :

Setting Transparant Proxy Menggunakan Mikrotik

Saya anggap anda sudah selesai menginstalasi squid proxy server Anda, untuk lanjut setting mikrotik menggunakan proxy external.  Sekarang adalah dimana anda ingin setting di mikrotik dengan “memaksakan” client-client Anda harus menggunakan proxy server yang anda buat, tanpa setting apapun di komputer client anda yang bisa kita sebut transparant proxy menggunakan mikrotik.
Dalam setting mikrotik kita bisa me”redirect” atau mengarahkan port tertentu untuk di arahkan ke port yg kita inginkan.

Dalam kasus ingin setting mikrotik menggunakan proxy external, aktifitas browsing yang menggunakan port 80 maka kita akan mengarahkan permintaan port 80 dari client untuk “diarahkan/dipaksakan” ke port server proxy kita yaitu 3128.

Dalam setting mikrotik kita masuk dengan winbox ke menu IP > Firewall > NAT

Setting Mikrotik Menggunakan Proxy External 

Chain : dstnat
Src. Address : ! 192.168.88.2 (jgn lupa centang tanda ! karena itu mengartikan rules tersebut “selain” ip 192.168.88.2 tidak di redirect. Kalo tidak yah error nantinya, looping)
Protocol : 6(tcp)
Dst. Port : 80
Klik tab “Action”
Action : dst-nat
To Address : 192.168.88.2 (diarahkan ke ip server proxy kita)
To Ports : 3128 (diarahkan ke port server proxy kita)
Apply

Done, anda sudah membuat setting mikrotik menggunakan proxy external dan setting transparent proxy menggunakan mikrotik. Jika tidak bisa berjalan, periksa kembali setting proxy server anda.
Jika anda ingin tidak menggunakan proxy anda, cukup disable rules yang barusan anda buat.





Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.


Senin, 12 Agustus 2013

The Conjuring Full Movie

The Conjuring Bioskop 2013 




Sebelum ada Amityville dan Harrisville. Berdasarkan kisah nyata, "The Conjuring" menceritakan kisah mengerikan tentang bagaimana terkenal di dunia paranormal, peneliti Ed dan Lorraine Warren dipanggil untuk membantu sebuah keluarga yg diteror kehadiran sosok kegelapan di sebuah rumah pertanian terpencil. Dipaksa untuk menghadapi entitas setan kuat, Warrens menemukan diri mereka terjebak dalam kasus yang paling menakutkan dalam hidup mereka.



# The Conjuring 2013 :

* Tayang di Indonesia: Juli - Agustus 2013
* Rilis Bioskop: 19 Juli 2013 (USA)
* Genre: Horror Thriller Suspense
* Director: James Wan
* Screenwriter: Chad Hayes, Carey W. Hayes
* Companies: Warner Bros. Pictures
* From: warnerbros.com
* Official Web: TheConjuring-movie.com
* Cast:
- Vera Farmiga as Lorraine Warren
- Patrick Wilson as Ed Warren
- Ron Livingston
- Lili Taylor
- Joey King as Christine Perron
- Mackenzie Foy



 

Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.


Arsip Untuk Penyandian

Pengenalan Kriptografi (#1)

Enkripsi ( encryption ) atau enciphering (standar nama menurut ISO 7498-2) merupakan proses menyandikan plainteks menjadi cipherteks. Sedangkan dekripsi ( decryption ) atau deciphering ( standar nama menurut ISO 7498-2 ) merupakan Enkripsi ( encryption ) atau enciphering (standar nama menurut ISO 7498-2) merupakan proses menyandikan plainteks menjadi cipherteks. Sedangkan dekripsi ( decryption ) atau deciphering ( standar nama menurut ISO 7498-2 ) merupakan proses mengembalikan cipherteks menjadi plainteks semula. [5]
Enkripsi dan dekripsi bisa diterapkan pada pesan yang dikirimkan melalui media transmisi atau pesan yang disimpan di media simpan ( storage media ).
Untuk enkripsi yang diterapkan pada pesan yang dikirimkan disebut dengan encryption of data in motion, contohnya adalah pengiriman nomor PIN dari mesin ATM ke komputer server di kantor pusat sebuah bank. Nomor PIN yang ada pada kartu tetap, tapi pesan dari mesin ATM ke server bank disandikan. Sedangkan enkripsi yang diterapkan pada pesan yang disimpan disebut encryption of data at rest, contohnya enkripsi pada file teks yang tersimpan pada harddisk.
Algoritma kriptografi disebut juga cipher yaitu aturan untuk enciphering dan deciphering, atau fungsi matematika yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi. [3]
Konsep matematis yang mendasari algortima kriptografi adalah relasi antara dua buah himpunan yantu himpunan yang berisi elemen – elemen plainteks dan himpunan yang berisi cipherteks. Enkripsi dan dekripsi merupakan fungsi yang memetakan elemen – elemen antara kedua himpunan tersebut. Misalnya P menyatakan plainteks dan C menyatakan cipherteks, maka fungsi enkripsi E memetakan P ke C,
E(P) = C
Dan fungsi dekripsi D memetakan C ke P,
D(C) = P
Karena proses enkripsi kemudian dekripsi mengembalikan pesan ke pesan awal, maka kesamaan berikut harus benar,
D(E(P)) = P
Keamanan algoritma kriptografi sering diukur dari banyaknya kerja (work) yang dibutuhkan untuk memecahkan cipherteks menjadi plainteks-nya tanpa mengetahui kunci yang digunakan. Kerja ini dapat diekivalenkan dengan waktu, memori, uang dan lain-lain. Semakin banyak kerja yang dibutuhkan, juga semakin lama waktu yang dibutuhkan, maka semakin baik algoritma tersebut, berarti semakin aman digunakan untuk menyandiakan pesan.

Pengenalan Kriptografi (#2)


Pesan ( messages ) data atau informasi yang dapat dibaca dan dimengerti maknanya. Nama lain untuk pesan adalah plainteks. Pesan dapat berupa data atau informasi yang dikirim melalui kurir atau media telekomunikasi lain atau yang didalam media penyimpan ( storage ).

Agar pesan tidak dapat dimengerti maknanya oleh pihak lain, maka pesan harus disandikan ke bentuk lain yang tidak dapat dipahami. Bentuk pesan yang tersandikan disebut cipherteks. Cipherteks harus dapat dikembalikan ke bentuk awal atau dikembalikan menjadi plainteks semula agar pesan dapat dibaca oleh orang yang seharusnya menerima pesan.

Komunikasi data yang menggunakan kriptografi selalu melibatkan 2 ( dua ) pihak atau 2 entitas. Pengirim ( sender ) adalah entitas yang mengirim pesan kepada entitas lain. Penerima ( receiver ) adalah entitas yang menerima pesan Entitas disini dapat berupa orang atau komputer ( machine ).

Jadi orang bisa mengirim pesan kepada orang ( Amir mengirim pesan kepada Budi ), orang kepada mesin ( Amir mengirim pesan ke Web Server ), mesin kepada orang ( Mail Server mengirim pesan kepada Budi ), atau mesin kepada mesin ( Mesin ATM mengirim pesan kepada komputer server di bank )

 

Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.


Proses Mesin ATM

Salam Sahabat Blogger..
Awal yang baik untuk mulai dengan kegiatan posting dan share pengetahuan dalam banyak hal "seru" hehehe
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai proses yang ada pada Mesin ATM yang mana sahabat pasti penasaran dengan Cara kerja Mesin ini...

Semangat3x...


ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine) baik melalui pendengaran maupun penglihatan. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan maupun dipedesaan sudah tidak asing lagi dengan kosa kata ATM. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM.

Sebuah ATM memerlukan kartu sebagai media perantara antara manusia dengan mesin. Pada sebuah kartu mempunyai garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik. Magnetic Chip sangat sensitive dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip tersebut sudah kehilangan fungsinya. Karena apabila ada gesekan pada Magnetic Chip maka mesin ATM tidak bisa mendeteksi kartu ATM yang dimiliki oleh seorang pelanggan. Kejadian seperti itu merupakan kelemahan dari transaksi melalui ATM. Hal tersebut terjadi karena kelalaian dari pelanggan sehingga kartunya dalam hal ini rusak. Bagaimana memperbaharuinya? Pelanggan dapat langsung berkonsultasi dengan bank yang bersangkutan. Adapun kelemahan dari mesinnya sendiri biasanya berasal dari jaringannya. Jika terjadi kerusakan pada mesin ATM-nya biasanya operator dari bank yang bersangkutan akan langsung memperbaikinya.

Di Indonesia ini kita juga mengenal ada istilah ATM Bersama, jika diberi pengertian maka ATM Bersama adalah penggabungan atau kerja sama dari beberapa bank dalam hal pelayanan nasabah menggunakan satu media penghubung yaitu ATM, disini dari satu mesin ATM dapat melayani nasabah untuk melakukan transaksi dari berbagai bank dengan menggunakan system Komputerisasi dan Telekomunikasi. Sistem Komputerisasi dan telekomunikasi tersebut bukan hanya digunakan untuk ATM bersama tetapi juga digunakan untuk ATM Mandiri. Seperti yang telah dipelajari bahwasannya tekhnologi yang mendukung untuk system informasi mengarah kepada ketepatan waktu diperlukan suatu system yang saling mendukung satu sama lainnya.
Pada tekhnologi Automatic Teller Machine (ATM) menggunakan system Komputerisasi dan Telekomunikasi yang memenuhi standar sebuah komponen inputan system informasi. Sebuah alat inputan tentunya mempunyai cara kerja, pada ATM sendiri mempunyai urutan kerja mulai dari pelanggan sampai pada operator bank. Pemancar yang berada di ATM Pemancar yang berada dibank menggunakan system Telekomunikasi menggunakan system Telekomunikasi. Terjadi hubungan antara ATM dengan bank menggunakan system Telekomunikasi.
Mengenal ATM lebih dalam, komponen apa saja sih yang ada didalam ATM tersebut sehingga mampu melayani berbagai macam transaksi, bisa jadi bagi anda yang masih awam boleh saja ngebayangi didalam ATM itu ada orang yang duduk kalau ada yang ambil uang dihitung dulu setelah itu dikeluarkan kemudian diberi bukti penarikan. Sebenarnya komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM, tombol angka, layer monitor dan kamera (optional) ini yang biasa nampak dari luar, sementara didalamnya bsia terdiri dari satu unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil dan card reader.
Komponen ATM
Setiap transaksi yang terjadi informasinya akan diterima oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat data melalui sarana telekomunikasi bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini dapat dimonitor statusnya dari pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM ini sedang mati atau uangnya sudah habis.

Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :

a. Bagian Atas (Upper Compartement) :
- Monitor
- Customer keypad
- Card reader
- Journal printer
- Receipt Printer
b. Bagian Bawah (Lower Compartement) :
- Combination lock
- Dispenser module
- Cash cassette
- Reject cassette
- CPU
PENGGUNAAN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE)

A. Di Dunia
Dengan adanya ATM ini membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah, karena saat ini jaringan ATM sudah bisa lintas Negara bahkan lintas benua contohnya anda bisa transaksi penarikan uang tunai di negara manapun apabila anda memegang kartu Master yang bergambar Cirrus Maestro, anda bisa mengambil uang tunai di ATM yang ada logo Cirrus Maestro, demikian juga dengan kartu Visa anda yang bergambar Visa Electron, anda bisa mengambil uang yang ada di ATM yang ada logo Visa Electron. Pemakaian ATM di Negara-negara maju sudah sangat baik sehingga rata-rata perhari bisa mencapai 500 – 1000 transaksi perhari.

B. Di Indonesia
Meskipun ATM sudah sangat populer hampir semua orang di Indonesia ini mengenal dan mendengar kata-kata ATM tetapi tingkat penggunaannya masih belum optimal untuk ukuran Bank besar dengan jaringan luas seperti BCA, transaksi finansialnya sekitar 800 ribu transaksi perhari, dari sekitar 2500 ATM jadi rata-rata transaksi di ATM hanya sekitar 320 transaksi perhari, jumlah ini sebenarnya belum optimal apabila dibandingkan dengan biaya investasi yang dikeluarkan. Untuk rata-rata penggunaan ATM per hari diseluruh Indonesia untuk semua bank masih kurang dari 300 transaksi per hari.

CARA KERJA ATM
ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM harus memiliki koneksi ,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang menginginkan uang).

Pada umumnya, pusat proses yang mendukung dapat melalui Leased-line atau jalur kontrak (sewa) maupun mesin dial-up (telepon). Mesin Leased-line terhubung langsung pada pusat proses melalui empat kabel (four-wire), point-to-point, dedicated telephone line (pilihan jalur telepon). Dial-up ATMs terhubung ke pusat proses melalui sambungan telepon normal menggunakan modem dan sambungan nomor bebas pulsa, atau melalui penyedia layanan internet yang menggunakan akses nomor local. Leased-line ATMs disarankan untuk digunakan pada lokasi yang padat karena kemampuan kerja thru-put yg cukup berat, dan dial-up ATMs disarankan untuk digunakan pada toko atau lokasi yang tidak ramai dimana penggunaan hanya sekedar mengambil uang. Biaya yang diperlukan untuk sebuah mesin ATM dial-up kurang dari setengahnya mesin ATM leased-line. Biaya operasi mesin ATM dial-up juga hanya sebagian kecil dari biaya operasi mesin ATM leased-line.

Pusat proses mungkin dapat dimiliki oleh sebuah bank atau instansi keuangan, atau mungkin juga dimiliki oleh penyedia layanan internet yg berdiri sendiri. Jika dimiliki bank, biasanya hanya mendukung mesin ATM bank itu sendiri, dimana hanya proses tunggal yang tersedia bagi pemilik toko atau tempat usaha.

Transaksi Keuangan
Pada saat pemegang kartu ingin melakukan transaksi ATM, orang tersebut harus menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pendeteksi kartu maupun keypad yang tersedia. Mesin ATM akan meneruskan informasi ini kepada pusat proses, melalui jalur komunikasi data yang telah ditunjuk untuk melakukan permintaan transaksi kepada bank yang sesuai dengan kartu pengguna. Jika pemegang kartu menghendaki penarikan tunai, pusat proses akan mengenakan biaya transfer (electronic funds transfer) untuk menggantikan biaya layanan bank pusat proses dari bank yang dimiliki pelanggan. Pada saat biaya telah terkirim ke bank pusat proses, maka prosesor akan mengirimkan kode persetujuan (approval code) kepada ATM sebagai otorisasi kepada mesin untuk mengeluarkan uang tunai. Kemudian prosesor akan mengirimkan data transaksi keuangan pemegang kartu kepada bank asal pengguna ATM, biasanya pada hari kerja berikutnya. Dalam hal ini, Bank asal menggantikan seluruh biaya yang dikeluarkan mesin ATM tersebut.

ATM independent bisa mengakses berbagai bank, juga mendukung penempatan jumlah ATM yang banyak dengan berbagai macam merk niaga (Merchant). Jadi, pada saat anda melakukan transaksi tunai, uang tersebut mengalir secara elektronik dari akun anda menuju penyedia layanan dan merk dagang yang digunakan.

PRINSIP KERJA DARI MESIN ATM

Magnetic strip merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnet dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit ataupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access-nya. Dan tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus untuk kartu magnetic strip tersebut.

Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magnetic-strips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). Untuk menggunakannya, pemakai harus memasukkan kartu yang dimiliki kedalam mesin khusus atau mesin ATM serta memasukkan nomor sandi, serta jumlah uang yang akan diambil. Nomor sandi ini kemudian dikirim melalui jaringan telpon kekomputer pusat. Komputer akan melihat, apakah yang bersangkutan memiliki uang simpanan atau tidak.

Jika memiliki, maka sinyal ini dikirim lagi ke-ATM dan untuk kemudian, ATM akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Disamping itu, pemakai juga bisa melihat informasi saldo dari tabungan yang dimilikinya, rekening giro ataupun deposito-nya. Pemindahan bukuan secara otomatis akan dilakukan oleh komputer. Pada ATM (Automated Teller Machine) juga terdapat suatu satelit yang akan mengirimkan informasi tersebut kekomputer pusat.

Sistem ATM terdiri dari :

1. Stasiun kerja yang dapat diakses dengan kartu khusus atau disebut juga dengan mesin ATM
2. Remote komputer yang menyimpan dan memperbarui catatan pelanggan dan mengesahkan serta melaksanakan transaksi
3. Hubungan telekomunikasi antara mesin ATM dengan remote komputer.

Kinerja melalui Gambar

Tentunya untuk menggunakan ATM, pertama kali kita memasukkan kartu ATM ke dalam Mesin ATM , kartu ATM saat ini masih berjenis “Magnetic Card Reader” atau kartu magnetik yang memiliki Garis Hitam di sisi belakang kartu , kedepannya teknologi ini akan digantikan oleh CHIP karena dapat memuat data yang lebih banyak dan keuntungan lainnya.
Kembali ke Magnetic Card Reader , di sisi Garis Hitam di belakang kartu itu sendiri memiliki data tentang Nomor Pengguna kartu tersebut , ketika kartu ini dimasukkan ke dalam CARD READER ( Tempat memasukkan Kartu) , maka Card Reader ini akan membaca data kartu ATM Customer tersebut dan data tersebut akan dikirim ke komputer Server Bank melewati SWITCHING ( Switching = Pengaturan/ Pengontrol Lalu Lintas kurang lebih artinya) , kartu ini akan divalidasi apakah benar terdaftar di Server kita , mungkin saja ada yang iseng memasukkan kartu Pokemon / Inuyasha / Kartu bank lainnya ke mesin ATM kita tentu saja akan gagal dan kartu akan keluar lagi.
Bila Kartu tersebut ternyata benar milik Bank tersebut maka mesin akan Meminta Password atau PIN (Personal Identification Number), dan pin yang kita masukkan ini akan dikirim ke Server lagi untuk dicocokkan lagi.
Dari sisi ATM ke Server ada sebuah Proses yang dinamakan Encrypt Dan Decrypt , Saat data Pin tersebut di kirim maka akan Di Encrypt(Di konversi kedalam bahasa tertentu agar tidak bisa dibaca atau bahasa kasarnya di acak sehingga tidak bisa terbaca, tentu saja ada algoritma nya , lalu bagaimana Server dapat membaca data itu ? Tentu saja di sisi server mesti di Decrypt dengan Key Algoritma tersebut agar dapat terbaca , tentu saja ini dilakukan sebagai keamanan agar tidak ada pihak lain yang tahu passwordnya , bahkan Pihak Server sendiri tidak mengetahui Password tersebut .
gbr 2.1

Beberapa Jenis Merk ATM :
  1. Wall Mounted ATM
  2. MachineCounter Top ATM
  3. MachineFree Standing ATM Machine\
  4. NCR ATM Machine
  5. Diebold ATM Machine
  6. Triton ATM Machine
  7. Tidel ATM Machine
  8. Tranax ATM Machine
  9. Wincor ATM Machine
  10. Siemens ATM Machine
  11. Benqit
Tapi umumnya di indonesia yang banyak digunakan adalah Diebold , Wincor dan NCR
ATM Juga memiliki banyak jenis2 Security atau sensor seperti :
  1. Safe Door Lock (Sensor bila kunci kebuka)
  2. Alarms Sensor
  3. Seismic Detector
  4. Jiiter (Menggetarkan kartu ketika masuk ke Mesin ATM untuk menghindari Skimming)
  5. Blue Ink (jadi kalo ATM dibongkar paksa ntar otomatis uang yg di dalamna kena tinta biru jadi ga laku di pasaran karena semua pada tau kalau uang itu uang illegal)
  6. Cash Handler Sensor(Sensor bila ada uang nyangkut di mesin)
  7. Temperature Sensor ( Sensor bila temperature overheat)
  8. Resi Print Sensor (Sensor bila kertas Resi Habis)
  9. dan masih banyak lagi
Bagian Struktur ATM umumnya seperti berikut :
gbr 2.2
1. Top chassis keylock
2. Camera port
3. Consumer monitor
4. Function keypad
5. Printer slot
6. Card entry slot
7. lead-through indicator (card entry)
8. Dispenser slot
9. Consumer keypad
10. Top chassis
11. Top chassis opening handle
12. Fluorescent light

 Casis Bagian Atas depan

gbr 2.3

1.    Consumer monitor 2.    Journal printer 3.    Consumer Printer (dot matrix or thermal receipt printer) 4.    Retained card bin 5A. Motorized card reader 5B. Manual (dip) card reader

Isi dalam bagian Casis depan di bagian tempat Kertas resi keluar

1. Take-up spool 2. Metal disk 3. Paper feed button
4. Paper release lever
5. Take-up Cradle
6. Audit tape supply roll 7. Take-up drive gear 8. Tear Bar
Sisi Bagian Atas komputer yang di belakang , biasanya ada komputer mini dan keyboard dan perangkat lainnya seperti berikut :
gbr 2.4
1. KDM
2. Power switch (on = I, off = O)
3. KDM storage area
4. QWERTY keyboard storage area for Internal operator’s interface
5. Internal operator’s interface (Operator’s QWERTY keyboard)
6. Operator’s swipe card reader (optional)
7. Operator’s pointing device (optional)
8. External operator’s interface (service tray with operator devices)

Terdapat tombol buat ON/ OFF Atm ataupun buat reset ATM :
gbr 2.5
1. Operator’s pointing device
2. Operator’s QWERTY keyboard
3. Service shelf for external operator’s interface devices
4. Operator’s swipe card reader (option)
5. Port for operator’s QWERTY keyboard
6. Port for operator’s pointing device

Sisi Bagian Bawah ATM sisi depan
gbr 2.6
 1. Dispenser slot
2. Safe door cover keylock
3. Safe door cover
4. Safe door
5. Safe door opening handle (behind safe door cover)
6. Safe combination lock (behind safe door cover)


Bagian dalam sisi bawah ATM:
gbr 2.7
1. Electronics compartment door
2. Handle for electronics compartment door
3. Keylock for electronics compartment door (optional)
4. Handle for dispenser compartment door
5. Keylock for dispenser compartment door (optional)
6. Terminal Processor
7. Floppy disk drive (one or two)
8. Optional CD drive
9. Input/Output panel
gbr 2.8
1. Dispenser presenter
2. Divert Cassette
3. Dispense cassettes
4. Multi-media dispenser
5. Dispenser slide base (with keylock
6. Dispenser compartment door

Bagian penyimpan uang (cassette) 1. Dispense cassete
gbr 2.9

1. Tamper indicating cassette
2. Red/green indicator
3. Tamper indicating cassette lock
4. Convenience cassette
5. Convenience lock lever
6. Captive key cassette
7. Captive key kit (in use) 

2.Divert cassete
gbr 2.10
1. Red / green indicator
2. Tamper Indicating cassete lock


Untuk mendapatkan uang dari cassete, kita harus memasukkan PIN untuk keamanan
gbr 2.11

Ada beberapa Faktor Lainnya yang mesti kita ketahui sebagai pengetahuan :
  1. Sadarkah Anda pada mesin ATM pada Layar Awal ada Menu iklan yang dapat di atur oleh Bank sehingga Kita melihat iklan yang berbeda beda
  2. Menu-menu ATM pada Bank dapat berbeda-beda dan semua itu dapat diatur
  3. Sadarkah anda bahwa ATM itu memiliki kertas Resi(Kertas bukti penarikan / transfer) , dan apabila kertas dan kartu itu tidak ditarik atau diambil maka akan masuk ke dalam mesin ATM lagi , tentu saja ini tergantung dari pihak IT yang melakukan Setting terhadap Mesin ATM Tersebut
  4. Sadarkah anda bila anda lupa menarik Uang , maka akan ada bunyi Beep Beep yang mengingatkan anda , dan ada 2 Option yang terjadi, Option 1 Maka Uang anda akan tertelan kembali ke dalam ATM lagi , Option 2 maka uang anda akan ada di luar ATM menggantung hingga ada yg menariknya. Lalu bagaimana bila uang masuk ke ATM ? Tentu saja saldo anda utuh karena uang di Reverse(DI Cancel tidak jadi diambil) , tapi bila di luar dan bkn anda yg mengambil maka tentu saja saldo anda akan berkurang
  5. Sadarkah anda bahwa pada setiap mesin ATM tedapat Kamera , bila anda melihat ada Seperti Mika Hitam Transparant, umumnya terdapat pada bagian atas atm , maka terdapat Camera di belakang mika tersebut dan kamera tersebut 1×24 Jam selalu merekam gambar2 orang yg melakukan penarikan, gambar tersebut berupa Picture
  6. Sadarkah anda bagaimana Bila Uang habis dan bagaimana Pihak Bank dapat mengetahui bila uang di ATM Tersebut habis dan mesti menggantinya ? Setiap Banking memiliki Software untuk memonitor uang yang ada pada ATM Tersebut baik untuk mematikan ATM , Mereset , dan untuk melakukan Hal-hal lainnya
  7. Tahukah anda bahwa umumnya setiap 5 bulan kurang lebih bahwa ATM dilakukan Opname = Pembersihan ATM , Pengecekan SparePart, Maintenance , dan lain2nya,
  8. Sadarkah anda bahwa pada ATM ada Grounding ke Tanah biasanya di ada kabel ke bawah atm agar Mesin ATM Tidak menyetrum.
  9. Sadarkah Anda bahwa berat ATM yang paling ringan memiliki Bobot 400 Kg dan ada yang hingga memiliki berat 800Kg
  10. Sadarkah Anda bahwa terdapat Stiker di depan ATM yang memiliki Stiker VISA / ALTO / ATM BERSAMA yang menjadi perbadaan setiap BANK dalam hal GROUP ATM
  11. Sadarkah anda pada ATM2 umumnya terdapat PARABOLA di atas ATMNA , parabola inilah yang digunakan untuk konek ke satelit
  12. Sadarkah anda kenapa Pintu ATM selalu dari KACA PUTIH, Transparant dan hanya ada sedikit stiker di pintunya ? Tentu saja agar lebih aman dan tidak terlihat dari luar
  13. Sadarkah anda bahwa pada sisi bawah ATM Terdapat ANGKUR(Sejenis Pengunci ke Tanah) , Angkur ini berguna agar ATM ini tidak bisa diangkat, apabila di angkat maka lantai mesti dirusak.
  14. Sadarkah anda bahwa ATM selalu bersih ? karena Pihak Bank pada umumnya memiliki orang OUTSOURCING untuk membersihkan ATM yang biasa dilakukan pada Pagi hari
  15. Tahukah anda bahwa 1 ATM dapat menampung uang mulai dari 2000 Lembar hingga 5000 Lembar di dalam mesin ATM tergantung banyaknya Kaset yang terdapat dalam ATM (Kaset= Box tempat menaruh uang di dalam ATM , Minimal 1 dan Maximal yang saya ketahui ada 4)
  16. Tahukah anda pada ATM itu terdapat merk2 Vendor ATM biasanya berlogokan pada sisi bagian depan ATM
  17. Sadarkah Anda Bahwa Mesin ATM = KOMPUTER ? Memiliki OPERATING SYSTEM di dalamnya , umumnya adalah Windows XP ,di dalam ATM terdapat komputer.
Bagaimana Cara Menjaga kerahasiaan Kartu ATM dan Pin ?
  1. Selalu gunakan password / pin yang berbeda dengan pin yang lainnya dan jangan menggunakan Tanggal Lahir anda
  2. Ganti Pin Secara Berkala / Rutin dan jangan beritahukan kepada orang lain
  3. Jangan mencatat Pin di dalam dompet atau tempat lainnya, cukup diingat saja
  4. Amati Moncong Tempat memasukkan Kartu ATM , pastikan tidak ada yg aneh dengan moncong tersebut
  5. Pastikan Sekitar dan pastikan tidak ada kamera yang aneh yang mengarah ke ATM untuk menghindari sesuatu yang aneh
  6. Bank Tidak bertanggung jawab atas adanya Penarikan yang disebabkan kesalahan Pemilik ATM karena sepenuhnya menjadi tantggung jawab pemilik ATM

sumber : http://suryodesign.com/uncategorized/atm-machine-mesin-atm/
2. E-Mail

Surat elektronik, Electronic mail, biasa di singkat dengan e-mail, email, atau dahulu eMail, adalah metoda merelay surat, mulai dari penulisan, pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan surat melalui sistem komunikasi elektronik. Istilah “e-mail” (sebagai kata benda maupun kata kerja) biasanya di maksudkan untuk sistem e-mail di Internet yang dikirim menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). 

Dengan menggunakan e-mail kita dapat mengirimkan surat dengan cepat ke segala penjuru dunia dalam waktu beberapa detik saja. Yang lebih menarik, kita dapat berkumpul dengan banyak teman di Internet di tempat-tempat diskusi menggunakan e-mail yang biasa di sebut mailing list. 
Pada gambar berikut di perlihatkan cara kerja sistem e-mail secara sederhana: 
gbr 3.1
 
E-mail akan di kirim dari komputer Ani dengan alamat e-mail ani@a.id ke rekan Ani yang bernama Beno dengan alamat e-mail beno@b.id.
Pada gambar di perlihatkan urusan proses pengiriman e-mail. Langkah yang akan terjadi adalah sebagai berikut:
  1. Ani (ani@a.id) menulis e-mail-nya di komputer menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti, Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: di masukan alamat tujuan e-mail dalam hal ini beno@b.id. Tombol “Send” di tekan untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id.
  2. Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id). Server smtp.a.id men-cek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini beno@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus di tujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.
  3. Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id.
  4. Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id) ke mesin smtp.b.id.
  5. Beno (beno@b.id) yang sedang menjalan perangkat lunak pembaca e-mail di komputer-nya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Ani (ani@a.id) akan terambil dan dapat di baca secara lokal di komputer Beno (beno@b.id).
Seluruh proses pengiriman e-mail ini akan memakan waktu beberapa detik saja, termasuk untuk mencapai tujuan di belahan dunia Amerika atau Eropa. Tentunya cara di atas bukanlah satu-satunya, cara lain yang banyak digunakan untuk mengirimkan e-mail adalah menggunakan perantara Webmail. Prinsip kerja Webmail juga sama dengan apa yang di terangkan di atas, hanya saja perangkat lunak di sisi Ani berupa Web yang di akses melalui Internet. 

Mekanisme Akses / Membaca e-mail yang sering digunakan
  • Menggunakan E-mail client, yang di jelaskan secara panjang lebar di atas.
  • Menggunakan Webmail (contoh: yahoomail, gmail, dll), yang pada dasarnya hanya mengganti perangkat lunak e-mail client menjadi aplikasi Web yang dapat di akses melalui jaringan.
 
saat kita mengirim email maka email tersebut di simpan pada email-server menjadi satu file berdasarkan tujuan email yang berisi sumber dan juga tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat kita hendak membaca email maka kita mengakses email server dan membaca pada file yang adalah milik kita dan berisi email untuk kita dan menampilkannya pada browser.

misalnya kita memiliki account mBudi, maka pada saat martinB mengirim email ke mBudi maka pada email server terdapat mBudi.txt yang berisi:

From: martinB
To: mBudi
kamu koq keren abies c
regards,
martinB

saat mBudi ini membaca email pada inboxnya maka data tersebut yang dikirim dan ditampilkan pada browser mBudi.

pada email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing server. server yang biasa menangani outgoing email adalah server SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani incoming email adalah POP3(Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP(Internet Mail Access Protocol) pada port 143.
gbr 3.2

Saat anda mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.

gbr 3.3

Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. jika menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP server mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda .


 
Webmail (atau e-mail berbasis Web) adalah sebuah jasa e-mail yang dibuat agar dapat diakses melalui Web. Berbada dengan e-mail melalui perangkat lunak e-mail client, seperti, Mozilla's Thunderbird, atau Apple Inc.'s Mail. Beberapa penyedia jasa webmail yang populer adalah Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail dan AOL.
Keuntungan utama dari e-mail melalui Web di bandingkan dengan e-mail menggunakan software aplikasi, pada Webmail pengguna dapat mengakses kotak surat-nya (Inbox) dari semua komputer yang tersambung ke Internet di seluruh dunia. Akan tetapi, keharusan adanya akses Internet menjadikan Webmail bermasalah, karena,
  • Webmail hanya bermanfaat pada saat ada sambungan Internet.
  • Kecepatan akses Webmail sangat tergantung pada kondisi jaringan.
 sumber :http://communication.howstuffworks.com/email.htm




3.Credit Checking System


Saat ini penggunaan kartu kredit sudah jamak atau bisa di bilang sudah ngetrend. Karena kemudahan yang dalam pemanfaatan kartu kredit sangat membantu. Bagaimana tidak, sekali gesek dengan kartu kredit kita bisa membeli atau membayar apa yang kita inginkan. Seperti membawa bank kemana-mana.

Kartu kredit adalah suatu bagian penyelesaian transaksi ritel berupa kartu yang terbuat dari plastik. Penerbit kartu kredit (Bank) merupakan penjamin dari transaksi yang dilakukan oleh konsumen (pembeli) pada penjual (merchant).
gbr 4.1

Bagian Bagian Kartu kredit
gbr 4.2

Kartu kredit sebagai sarana untuk transaksi tentu dilengkapi dengan berbagai alat identifikasi. Bagian depan kartu kredit terdiri dari nama bank sebagai penerbit, nomor kartu , logo kartu, nama pemegang kartu dan masa berlaku kartu kredit.

Bagian belakang kartu kredit di lengkapi dengan pita magnetik yang di sebut dengan magstripe (gambar 3). Pita magnetik terdiri dari batangan magnet dalam ukuran mili yang disusun sejajar sepanjang kartu.
gbr 4.3

Cara kerja kartu kredit
gbr 4.4
 

Setelah bank menyetujui kartu kredit yang anda ajukan, bank akan memberikan PIN sama seperti anda menerima kartu ATM dari bank.
Saat anda berbelanja di toko, mall, dan lain-lain- yang di akui oleh bank penerbit sebagai rekanan (merchant), kartu tersebut sudah bisa digunakan.

Merchant memiliki alat verifikasi elektronik (Electronic verification ) yang bisa mengidentifikai kartu kredit yang digunakan apakah masih berlaku atau tidak, limit dari transaksi yang di izinkan, data ini didapat dari pita magnetik yang berada di belakang kartu kredit. Jika masih berlaku transaksi dilanjutkan. Pemegang kartu memasukan PIN yang diterima dari bank penerbit, transaksi berjalan dan anda tinggal menunggu tagihan dari bank penerbit kartu dan ini yang tersulit.

ketika anda belanja dan membayar dengan menggesek kartu itu. EDC (electronic data capture) akan membaca informasi-informasi penting yang tersimpan di magnetic stripe kartu anda, mengkombinasikan dengan jumlah uang yang harus anda bayarkan, ditambah dengan informasi dari terminal EDC itu sendiri.

Kemudian aliran elektris akan mengalir ke bank dimana terminal itu terdaftar. Tentu saja yang memiliki EDC ini adalah merchant atau toko/supermarket, dan telah terdaftar dan bekerja sama dgn bank. Coba lihat di EDC, kalau tertera BCA maka aliran informasi itu akan diteruskan ke BCA. Sama halnya dengan Lippo atau Danamon.

Coba ingat anda mendapat kartu kredit dari Bank apa? Jika dari Citibank, jika kartu Citibank anda di gesek pada EDC milik bank Lippo  maka Informasi mengalir ke bank Lippo dan diteruskan ke Mastercard (jika kartu kredit anda punya logo Mastercard) , lalu Mastercard menruskannya ke Citibank. 
Pada sistem Citibank, semua informasi yg dikirimkan tadi di baca dan di validasi. Apakah nomor kartu anda adalah milik Citibank? Apakah informasi di magnetic stripe itu benar? Apakah kartu kredit anda masih valid atau sudah kadaluarsa? Apakah transaksi anda tidak melampaui batas maksimal penggunaan? Dan akhirnya lulus validasi.... kemudian sistem itu akan 'meminta' bantuan alat akan memberikan kode otorisasi. Dan informasi tadi dikembalikan ke Mastercard, dan tentu saja ditambahkan dengan kode-kode otorisasi.

Mastercard kemudian menyampaikan ke Lippo dan bank ini meneruskannya ke terminal EDC tempat kartu anda digesek tadi. Jika tak ada respon dari Mastercard atau Citibank maka harus ada time outnya. Tetapi kalau mendapat respon, berarti transaksi kartu kredit anda di sahkan dan receipt pun di print untuk anda simpan.

Dalam hal ini Citibank adalah issuer (yg menerbitkan kartu kredit untuk anda) dan Lippo sebagai acquirer (yg membantu anda untuk bertransaksi atau membayar belanjaan).

Jika kartu kredit anda diterbitkan oleh Lippo dan terminal EDC itu tadi adalah juga milik punya Lippo bank , berarti ini adalah issuing transaction. Artinya, transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu Lippo di EDC yg terdaftar di Lippo juga. Tidak perlu jauh-jauh mengirim dan meneruskan informasi ke Mastercard. Cukup Lippo bank saja yg meng-otorisasi transaksi ini.


Magnetic stripe adalah kunci yang sangat penting disini. Karena sudah ada teknologi yg membaca isi mag stripe dan menggandakannya, maka dibuatlah teknologi chip. Pengamanan untuk chip sudah dijamin. Sebab itulah Bank Indonesia mewajibkan setiap kartu kredit harus telah menggunakan chip.

Jika kartu kredit anda ditolak. Itu artinya bank yang menerbitkan kartu kredit untuk anda memberikan batas kredit (batas hutang) yg boleh anda pakai.
Apabila anda membayar penuh tagihan kartu kresit, maka anda akan punya limit kredit yg kembali normal.
Misalnya total tagihan anda 2,5 juta dan batas kredit anda 3 juta. Maka untuk seterusnya (sebelum dibayar) anda hanya punya 5 ratus ribu. Bila telah melunasi sebesar 2,5 juta, maka limit anda kembali normal.

Perhatikan tanggal berapa dicetak. Disitulah kira-kira cycle atau masa hitungan atau tagihan anda akan di bukukan dalam waktu sebulan. Jika tanggal cetak anda di tanggal -misalnya- 25 setiap bulan, maka transaksi di tanggal 26 akan ditagih dibulan berikutnya.
Anda dapat meminta penerbit kartu kredit Anda untuk menaikkan credit limit kartu anda. Keputusan menaikkan credit limit tergantung kepada situasi keuangan Anda secara keseluruhan. Anda mungkin bisa mendapatkan credit limit yang lebih tinggi jika persentase penggunaan credit limit yang tersedia menunjukkan Anda membutuhkan credit limit yang lebih tinggi, selalu membayar tepat waktu, pendapatan meningkat, dan/atau Anda selalu membayar lebih dari pembayaran minimum atau membayar tagihan penuh. 


sumber: http://archive.kaskus.us/thread/3887222 http://www.blogger.com/post-edit.g?blogID=8266699492065250698&postID=6903841297589515187 
4. Hotel Reservation System
gbr 5.1 manajemen dalam suatu perhotelan 

Hotel Reservation Hotel yang berarti Sistem Informasi Reservasi Perhotelan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal pendataan administrasi pada Reservasi perhotelan yang sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisir agar data dapat terkemas dan terjaga keamanannya dengan baik dalam bentuk database. Database tersebut dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan tingkat kesalahan yang dapat diminimalisasi.



Berbeda hotel maka akan berbeda pula sistem yang digunakan dalam menerima pemesanan kamar, hanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing hotel, namun umumnya proses penanganan pemesanan kamar dapat dilihat gambaran tentang basic reservation activities.

5. Airline Seat Reservation System

Berasal dari  arti Sebuah Sistem Reservasi Airline adalah bagian dari apa yang disebut Passenger Service Systems (PSS), yang mendukung aplikasi kontak langsung dengan penumpang.
Sistem Reservasi Airline (ARS) adalah salah satu perubahan paling awal untuk meningkatkan efisiensi. ARS akhirnya berkembang ke dalam Sistem Reservasi Komputer (CRS).  A Computer Reservation System adalah digunakan untuk reservasi maskapai penerbangan tertentu dan interface dengan Global Distribution System (GDS) yang mendukung agen-agen perjalanan dan saluran distribusi yang lain dalam membuat pemesanan untuk sebagian besar maskapai penerbangan utama dalam satu sistem.

Sistem Reservasi Airline berisi jadwal penerbangan, tarif tarif, penumpang reservasi dan tiket catatan. Sebuah maskapai penerbangan distribusi langsung bekerja dalam sistem reservasi mereka sendiri, serta mendorong keterangan kepada GDS. 
Kedua jenis saluran distribusi langsung adalah konsumen yang menggunakan internet atau aplikasi mobile untuk membuat reservasi mereka sendiri. Agen perjalanan dan lain saluran distribusi tidak langsung mengakses GDS sama seperti yang diakses oleh maskapai penerbangan 'sistem reservasi, dan semua pesan ditularkan oleh sistem pesan standar yang berfungsi terutama pada pesan TTY bernama SITA.  Karena sistem reservasi maskapai penerbangan bisnis aplikasi kritis, dan fungsional mereka cukup kompleks, operasi sebuah rumah dalam sistem reservasi maskapai penerbangan relatif mahal.

Sebelum deregulasi, maskapai penerbangan yang dimiliki sistem reservasi mereka sendiri dengan berlangganan agen perjalanan mereka. Hari ini, GDS dijalankan oleh perusahaan independen dengan maskapai penerbangan dan agen-agen perjalanan sebagai pelanggan utama.
Pada Februari 2009, hanya ada tiga penyedia GDS utama dalam ruang pasar: Amadeus, Travelport (gabungan Worldspan dan Galileo sistem), dan Sabre.  Ada satu GDS Daerah utama, Abacus, melayani pasar Asia dan sejumlah pemain regional melayani satu negara, termasuk Travelsky (Cina), infini dan Axxess (baik Jepang) dan Topas (Korea Selatan). Ada GDS sekunder yang disebut Navitaire bahwa hosts "tiket" travel seperti AirTran, JetBlue.  Amerika perawan-host oleh Aires, yang merupakan generasi baru sistem reservasi dikembangkan dan dioperasikan oleh ibs Layanan Software Pvt. Ltd. Ltd
beberapa perusahaan penerbangan memiliki versi berpemilik yang mereka gunakan untuk menjalankan operasi penerbangan.. Beberapa contoh dari sistem semacam ini adalah Deltamatic (dibangun dari platform Worldspan) dan  Reservasi SITA tetap netral terbesar maskapai host multi-sistem reservatons, dengan lebih dari 100 maskapai penerbangan saat ini mengelola persediaan.

Sebuah maskapai penerbangan persediaan berisi semua penerbangan dengan kursi yang tersedia. Persediaan dari sebuah maskapai penerbangan umumnya dibagi menjadi kelas-kelas layanan (misalnya Pertama, Bisnis atau kelas Ekonomi) dan hingga 26 pemesanan kelas, di mana harga yang berbeda dan pemesanan ketentuan yang berlaku.  Data inventaris diimpor dan dipertahankan melalui Sistem Distribusi Jadwal atas antarmuka standar.  Salah satu fungsi inti manajemen persediaan adalah pengendalian persediaan.  Inventory control mengarahkan berapa banyak kursi yang tersedia di kelas pemesanan yang berbeda, dengan membuka dan menutup kelas pemesanan individu untuk dijual.  Dalam kombinasi dengan kondisi pemesanan tiket dan disimpan dalam Sistem Quote Fare harga untuk setiap kursi yang dijual ditentukan. Dalam kebanyakan kasus kontrol inventaris secara real time antarmuka untuk sebuah maskapai penerbangan yang penuh Yield sistem untuk mendukung optimalisasi permanen pemesanan kelas-kelas yang ditawarkan dalam menanggapi perubahan dalam permintaan atau strategi penetapan harga pesaing. 

6. Police Emergency System

 

server host yang terdiri dari modul komunikasi nirkabel, sebuah sistem, database dan sebuah microprocessor; kata host server yang menerima sinyal dari kartu magnetik dan hakim sumber sinyal, dan  polisi-sistem darurat polisi-warga sambungan menerima sinyal dari kata host server dan menghubungkan dengan polisi segera bagi polisi untuk pergi di tempat kejadian dalam waktu; kata daripadanya alat identifikasi kata kartu magnetis digunakan sebagai identifikasi pengguna, ketika ada peristiwa darurat terjadi, pengguna-down menekan tombol darurat dan tombol konfirmasi bersamaan untuk menghasilkan sinyal dan sinyal yang akan diteruskan ke host server melalui komunikasi nirkabel modul;
komunikasi nirkabel kata modul server menerima sinyal yang berasal dari kartu magnetik dan mengirimkan sinyal ke mikroprosesor; mengatakan prosesor membandingkan data dalam database untuk menilai apakah sumber sinyal sesuai dengan data dalam database, jika ya, kata sinyal ditularkan oleh kata host server ke polisi segera untuk polisi tiba di tempat kejadian di mana kejahatan terjadi.
1. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca bar-code oleh bar-code scanner.
2. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang merupakan bar elektronik.
3. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang kartu sirkuit terpadu (IC) kartu.
4. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana jalan transmisi frekuensi radio (RF) untuk pengiriman modul komunikasi nirkabel dari kartu magnetik dan host server.
5. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana jalan transmisi pengiriman Bluetooth untuk komunikasi nirkabel modul dari kartu magnetik dan host server.
6. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana rangkaian kontrol kata kartu magnetik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, kata mana tombol darurat dan mengkonfirmasi tekan tombol adalah alat yang digunakan untuk memicu sinyal untuk rangkaian kontrol dan mengirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
7. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana rangkaian kontrol kata kartu magnetik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, di mana kata darurat tombol dan tombol mengkonfirmasi film tipis perangkat yang digunakan untuk memicu sinyal ke rangkaian kontrol dan mengirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
8. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, di mana suara-alat cahaya kata kartu magnetik LED yang digunakan untuk menunjukkan kondisi daya baterai.
9. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, di mana suara-alat cahaya kata kartu magnetik adalah lebah-sounder yang digunakan untuk membuat kebisingan dan mengingatkan kondisi daya baterai.
10. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana sistem server host menggunakan mikroprosesor untuk menangkap data di dalam database dan mengirimkan sinyal ke kartu magnetik melalui modul komunikasi nirkabel, kontrol rangkaian kata kartu magnetik akan menghasilkan sinyal respons secara otomatis, kata sinyal ditransmisikan ke host server melalui komunikasi nirkabel modul, kata mikroprosesor dari server host akan membandingkan sinyal dengan data dalam database dan mengirimkan data ke sistem absen untuk mengelola kondisi yang tidak hadir staf.

7.  Traffic Control System


 

 

Otomatis sistem kontrol lalu lintas adalah konfigurasi teknis khusus, yang dibuat pada basis global penelitian teknis kendaraan aliran fitur dan kebutuhan kota Astana dan juga luas pemasaran penelitian kemungkinan ada lampu lalu lintas peralatan seluruh dunia. Sistem ini didasarkan pada teknologi tinggi, yang diproduksi oleh pemasok terkemuka peralatan peraturan lalu lintas. Rekonstruksi sistem dilakukan langkah demi langkah. Hari ini sistem termasuk 236 lampu lalu lintas, dari kontroler yang 90 model baru Monitron perusahaan, 140 SCAE controller dan peralatan, diinstal di operasional pusat dari DIA dari Astana kota.
Hubungan antara peralatan perifer dipenuhi dengan bantuan sinyal radio. Operator dari pusat operasional dapat mengontrol, menerima data pengendali lalu lintas dan lampu sinyal kepala berfungsi, beroperasi pengendali lalu lintas dari pusat operasional.
Selain itu otomatis stasiun kerja ATCS inspektur dikembangkan di ATCS.
Saat ini situs cahaya sinyal 135 bekerja dalam sistem. Hubungan antara pinggiran peralatan yang dibuat oleh komunikasi radio. Operator dari OCC yang dapat untuk menjaga kontrol dan untuk menerima informasi tentang pekerjaan controller lalu lintas dan lampu sinyal kepala dan juga untuk mengelola lalu lintas controller dari OCC Kepala lampu sinyal dioda cahaya matriks jenis, yang digunakan dalam sistem, yang memungkinkan untuk memastikan berikut:
  • Identifikasi yang jelas dari fase warna (merah/kuning/hijau)
  • Tingkat rendah konsumsi daya (membandingkan dengan lampu halogen)
  • Keandalan yang tinggi
  • Modifikasi masa depan dengan investasi yang rendah
  • Beralih ke ekonomi rezim berfungsi pada malam hari
  •  Sistem sepenuhnya sesuai dengan standar dunia
  • Sistem adalah disesuaikan dengan kondisi lingkungan lokal dan memiliki suhu yang luas jangkauan dari-42 ° с untuk + 65 ° с
  • Sistem meliputi fungsi dari kontrol daya cahaya otomatis, yang menjamin kecerahan konstan dalam setiap kondisi suhu dan cuaca
  • Sistem termasuk peralatan anti-phantom, mencegah suar dan refleksi
  • Representasi grafis data kondisi lampu lalu lintas
  • Konfigurasi lampu lalu lintas
  • Pengoperasian lampu lalu lintas objek rezim, terutama "gelombang hijau" operasi rezim.
  • Kontrol oleh perilaku cahaya sinyal situs, khususnya, "Green Wave" mode
  • AWS ATCS inspektur dikembangkan untuk organisasi karya paling efektif mengenai kontrol situs sinyal cahaya di Astana City
Sistem ini ditujukan untuk visualisasi bekerja proses penyeberangan dan status controller yang diinstal pada mereka di rezim real time, dan juga untuk pengolahan data analitis dan statistik dengan mengikat ke peta kota.
AWS ATCS inspektur menyediakan alat untuk bekerja dengan peta kota elektronik dan kontroler yang dipasang di penyeberangan:
Penggeseran (gerakan pada peta, peta skala modifikasi, identifikasi situs pada peta, review dari seluruh peta dengan zoom-in lihat peta, zoom-in fragmen peta);
kontrol (persimpangan status modifikasi, sinyal lalu lintas aktif fase modifikasi);
Statistik (laporan generasi karya controller, Journal karya perbaikan dan pemeliharaan dari setiap persimpangan).
AWS ATCS inspektur melaksanakan fungsi berikut, tujuan dan proses:
Antarmuka pengguna AWS ATCS inspektur memiliki pandangan yang berikut dan dipisahkan pada kelompok elemen tersebut sebagai:
peta kota digital;
Toolbar;
Bar kelompok controller;
baris status;
Toolbar memungkinkan untuk menggunakan fungsi standar dari sistem Geoinformation (GS): pembesaran, gerakan pada peta, dipilih situs.
Oleh bar controller kelompok pengguna membuat gerakan pada varian yang lebih mungkin controller citra: semua controller, controller kelompok, dipilih controller.
Line Status mencerminkan sambungan status AWS ATCS inspektur dengan ATCS server.
Oleh subsistem GS pengguna dapat melakukan operasi berikut:
peta manajemen
situs kelompok manajemen
pelaksanaan tindakan di situs singled keluar.
Oleh skala modifikasi dari peta kota dapat mengawasi skema digambarkan controller (warna lingkaran di penyeberangan) dan gambar yang nyata dari lampu lalu lintas dan diizinkan arus lalu lintas status
Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.


facebook komentar